EDP Operator

EDP OPERATOR

Brainware, merupakan tenaga (manusia) yang bertugas, mengontrol dan bertanggung jawab dalam aktivitas (kelangsungan) pengolahan data elektronis.
Dalam suatu EDP (Electronic Data Processing) ada beberapa tenaga yang bertugas dan berlangsung atas kelancaran dan aktivitas pengolahan data dimana tanggung jawab dan tugas yang dibebankan kepada masing-masing personil tergantung dari jabatan dan tingkatannya masing-masing.

1) Struktur Organisasi EDP
Dengan berkembangnya dunia komputer sebagai seperangkat alat yang mampu membantu dan menggantikan tugas-tugas manusia dalam operasionil pengolahan data, maka perlu juga dipikirkan letak organisasi yang tepat untuk menempatkan EDP dalam suatu badan (organisasi). Organisasi EDP diletakkan dalam suatu instansi (organisasi), harus dilihat tujuan, kegunaan, dan manfaatnya apakah dapat menunjang kebutuhan-kebutuhan informasi pengolahan data elektronik.
Tujuan ditempatkannya organisasi EDP tergantung dari banyaknya faktor, antara lain:
1. Sifat organisasi dan instansi
2. Lingkup geografis
3. Kerja yang didukung
4. Tingkat perkembangan komputerisasi
5. keinginginan pemimpin
Berdasarkan faktor-faktor di atas inilah suatu unit EDP dapat digunakan atau tidaknya. Jika suatu unit EDP hendak digunakan sebagai penunjang pengolahan data, maka dapat digambarkan struktur dari organisasi EDP seperti pada gambar di bawah ini.



Struktur Organisasi EDP

Dari bagan struktur di atas, akan di bahas sedikit tentang fungsional dari masing-masing unit.

1. Unit Pembangunan Sistem
Unit ini merupakan inti dari suatu pusat pengolahan data elektronik, walaupun tak bisa untuk mengabaikan unit-unit yang lainnya. Unit ini berfungsi bilamana suatu sistem komputer yang harus dibuat. Dengan kata lain yang kerjanya membuat software, dan juga sistem komputerisasi.

2. Unit Oprasionil
Suatu unit yang berfungsi dan bertugas mengendalikan (mengontrol) serta mengawasi kelancaran dari suatu aktivitas komputer (pengolahan data elektronik). Dan personil dari unit inilah yang selalu berhadapan dengan komputer dan mengontrol aktivitas-aktivitasnya.

3. Unit Bantuan Teknik
Yaitu suatu unit yang bertanggung jawab atas perawatan perangkat-perangkat dari komputer, baik dalam segi hardware, maupun sarana-sarana penunjangnya, (seperti, listrik, administrasi dataBase, sarana telekomunikasi, dan sebagainya).

2) Tugas dan Kwalifikasi Personil EDP
Dari struktur organisasi EDP yang telah digmbarkan di atas, ada beberapa personil yang dianggap pokok dan perlu diketahui tugas dan kwalifikasinya, antara lain operator, programmer, system programmer, system analyst dan EDP manager, jabatan-jabatan dalam organisasi EDP tersebut merupakan jabatan yang paling popular dan dikenal dalam suatu organisasi EDP.

1. Operator
Tugas
Melayani dan mengontrol seluruh kegiatan dan aktivitas pengolahan data, melaksanakan pekerjaan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Menyiapkan input data, serta membuat suatu kepustakaan dari seluruh file-file yang ada.
Kwalifikasi
Telah mendapatkan pendidikan dasar komputer, atau training tentang introduction to Computer. Mampu mengoprasikan komputer, atau sedikitnya menguasai beberapa package software, seperti MS Word, Excel, atau jenis software yang lainnya.
Karir
Seorang operator dapat meningkatkan dan naik dalam bidangnya (unit) sendiri, yaitu Manager Operator. Tetapi dapat juga seorang operator naik menjadi programmer.

2. Programmer
Tugas
Orang yang bertugas menyusun (membuat) program berdasarkan program specification (spesifikasi program, atau system design) yang diberikan dari system analyst. Specification ini merupakan suatu dasar dalam pembuatan data kreativitas serta kemampuanya untuk membuat dan menuangkan spesifikasi program tersebut kedalam bahasa pemrograman komputer, disamping itu ketelitian pun dibutuhkan dalam pembuatan program tersebut.
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas operator, menguasai salah satu atau lebih bahasa pemprograman tingkat tinggi (high-level language).
Karir
Seorang programmer mungkin saja menjadi system programmer atau kepala programmer atau bahkan dapat sampai kejenjeng system analyst.

3. System Programmer
Tugas
Orang yang membantu system analyst dalam pembangunan sistem, untuk mumbuat program aplikasi yang besar. Selain itu, seorang system programmer dapat pula sebagai penanggung jawab atas pemeliharaan seluruh software (program).
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas programmer, tetapi paling tidak bahasa pemprograman yang dikuasainya lebih dari satu. Selain itu juga dibutuhkan pengalaman-pengalaman bekerja di dalam suatu pengolahan data elektroniknya.
Karir
Seorang system programmer dapat meningkatkan karir menjadi seorang kepala unit Bantuan teknik, kepala programmer, atau system analyst, bahkan dapat saja menjadi seorang supervisor (staf ahli)

4. System Analyst
Tugas
Orang yang bertugas menganalisa masalah, mencari cara pemecahannya dan memcari jalan keluarnya serta membuat sistem untuk masalah tadi.
Kwalifikasi
Menguasai bidang dan tugas programmer, paling tidak telah menyelesaikan pendidikan jenjang Advanced Programmer. Telah mendapatkan dan menyelesaikan pendidikan SAD (System Analyst and Design)
Karir
Seorang system analyst dapat meningkatkan karirnya menjadi supervisor (staf ahli), atau bahkan dapat menjadi manager EDP.

5. Manager EDP
Tugas
Orang yang bertanggung jawab atas kelancara dan kelangsungan kegiatan (aktivitas) di dalam pengolahan data elektronik (EDP).
Kwalifikasi
Menguasai bidang system analyst. Pernah mengikuti training (pendidikan) Management Information System (MIS)
Karir
Karir dari manager EDP, dapat menjadi seorang professional consultant, dapat sebagai pimpinan perusahaan ynag mungkin milik sendiri.

3) Aspek-Aspek Sistem Komputerisasi
Aspek-aspek dasar sistem komputerisasi merupakan fasilitas-fasilitas yang secara principal harus ada apabila suatu usaha sudah memasuki langkah maju dengan menggunakan peralatan komputer sebagai alat bantu pengolahan data atau pengolahan informasi.
Aspek-aspek dasar yang dimaksud adalah sebagai contoh berikut:
1. Aspek Teknis :
a. Brainware (tenaga pelaksana)
b. Hardware (peralatan)
c. Software (program dan data)

2. Aspek Non Teknis
a. Dukungan Management
b. Disiplin baru

Jadi aspek-aspek dalam komputerisasi ada 5 (lima), seperti yang telah disebutkan di atas. Dari kelima aspek ini dapat dilihat seluruh aspek tersebut vital dalam suatu organisasi EDP. Dan antara aspek yang satu dengan yang lainnya saling berkaitan dan menunjang. Oleh sebab itu, jika salah satu diabaikan, maka kegiatan pengolahan data elektronik pun tak akan berjalan seperti yang diharapkan.

Related Posts by Categories



0 komentar:

Kirimkan Komentar Anda

Template by : kendhin x-template.blogspot.com